Pedoman Pembibitan Kambing Dan Domba Yang Baik


Jul 06, 2015 by Disnak Jabar    Dibaca : 1861 Kali
 

Bibit kambing dan domba merupakan salah satu faktor yang menentukan dan mempunyai nilai strategis dalam upaya pengembangan kambing dan domba. Kemampuan penyediaan atau produksi bibit kambing dan domba dalam negeri masih perlu ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Untuk itu maka dibutuhkan partisipasi dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat peternak dan stakeholders terkait.
Upaya untuk meningkatkan ketersediaan bibit ternak kambing dan domba secara berkelanjutan guna peningkatan populasi dan produktifitas ternak, dan melindungi peternak untuk mendapatkan bibit kambing dan domba sesuai standar dan persyaratan kesehatan hewan, diperlukan Pedoman Pembibitan Kambing dan domba Yang Baik.
Pedoman Pembibitan Kambing dan domba telah diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pertanian No.57/ Permentan/ OT.140/ 10/ 2006 tentang Pedoman Pembibitan Kambing dan domba Yang Baik (Good Breeding Practice). Sejalan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk optimalisasi perbibitan kambing dan domba, maka telah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan secara substansif terhadap muatan teknis, dan selanjutnya telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 102/ Permentan/ OT.140/ 7/ 2014, tentang Pedoman Pembibitan Kambing dan domba Yang Baik.

 
 


Share this Post :