Sistem perkandangan


Jul 06, 2015 by Disnak Jabar    Dibaca : 1186 Kali
 

Kandang merupakan tempat untuk melindungi ternak dari cuaca panas, hujan , angin, perubahan suhu udara serta binatang buas.  Selain itu juga fungsi kandang juga bertujuan sebagai tempat untuk mempermudah pemeliharaan, Pengontrolan terhadap penyakit dan peningkatan bobot badan.  
Tatalaksana perkandangan merupakan salah satu faktor produksi yang belum mendapat perhatian lebih dalam usaha peternakan sapi potong khususnya peternakan rakyat. Apabila kontruksi kandang tidak sesuai dengan persyaratan teknis bisa mengganggu produktivitas ternak, kurang efisien dalam penggunaan tenaga kerja dan berdampak terhadap lingkungan sekitarnya.
Adapun syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam perencanaan pendirian kandang  diataranya;
(1)Harus bisa memenuhi persyaratan kesehatan ternaknya
(2)Harus mempunyai ventilasi yang baik
(3)Dapat mengefisiensikan dalam pengelolaan ternak
(4)Dapat melindungi ternak dari pengaruh iklim dan keamanan Pencurian
(5)Dapat mengontrol kondisi lingkungan sekitarnya, sehingga tidak   berdampak negatif terhadap lingkungan.
Konstruksi kandang harus kuat dan tahan lama, penataan dan perlengkapan kandang kandang hendaknya dapat memberikan kenyamanan kerja bagi petugas dalam kegiatan dikandang seperti memberi pakan, pembersihan, pemeriksaan reproduksi dan penanganan kesehatan. Bentuk dan tipe kandang hendaknya disesuaikan dengan lokasi berdasarkan  pola atau tujuan pemeliharaan dan kondisi fisiologis ternak

 
 


Share this Post :